Minggu, 05 Juni 2016

Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan dan Niat Berpuasa

Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan dan Niat Berpuasa - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi siapa saja. Bukankah Allah SWT telah berfirman sedemikian rupa tentang kejelasan Tentang hukum Puasa di Bulan Ramadhan adalah Wajib. Sebelumnya mari kita bertanya, apakah itu Puasa ? dalam beberapa ayatnya Allah SWT telah menjelaskan, Bahwa berpuasa itu adalah menahan Nafsu , haus dan lapar dimulai dari Terbitnya matahari, Sampai Terbenamnya Matahari.

Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan dan Niat Berpuasa


Dibawah ini dijelaskan mengapa ummat Muslim disunnahkan Untuk bersahur ketika akan Menjalankan Ibadah Puasa.

Dan salah satu Hadits yang perlu kita Amalkan yang berbunyi, 

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Yang dimaksud Keberkahan di atas adalah, harfiahnya adalah sesuatu yang tidak pasti kita mengerti dengan baik. Karena Allah senantiasa memberikan keberkahan Kebaikan, Pahala, atau isa juga mendatangkan manfaat dunia maupun Akhirat. Ya, memang dan perlu diketahui. Bahwa hanyalah orang-orang yang beriman yang bertaqwa kepada Allah SWT, yang akan mendapatkan keberkahan tersebut.

Apa Sajakah Keberkahan Dalam Sahur ?

Salah satunya dari keberkahan sahur adalah, ketika teringan sebuah riwayat nabi yang mengatakan. Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air, karena Allah  dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.” (HR. Ahmad dan dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 3683)

Bacaan Doa dan Niat yang di Baca Ketika Sahur

Adapula bacaan yang wajibnya dibacakan Sebelum berpuasa , yaitu Niat Berpuasa di bulan Ramadhan. Karena segala sesuatu harus diawali dengan Niat. “Innamal A’malu Binniyat” . Dan dikarenakan dalam berpuasa membaca niat itu hukumnya Wajib. Bagi yang lupa atau belum tau. Bagaimanakah niat Berpuasa di Bulan Ramadhan ?

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى

"Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita'ala" 

Artinya: "Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala"

Sekianlah pembahasan mengenai Keberkahan di Dalam Sahur di Bulan Ramadhan, Semoga melalui artikel ini dapat membantu, menginformasi, memotivasi para khalayak muslimin dimanapun Berada. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Lindungan Kepada kita. Dan selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Keberkahan Sahur di Bulan Ramadhan dan Niat Berpuasa 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar