Jumat, 26 Agustus 2016

Diduga Tertipu, Ratusan Jemaah Haji Indonesia di Tahan dan di Tangkap di Filipina

Ratusan Jemaah Haji Indonesia di Filipina , diduga tertipu pihak travel atau oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab. Akhirnya ratusan jemaah asal Indonesia yang berangkat melalui akses filipina ditahan Oleh pemerintah setempat. Diduga kuat para jemaah ini menggunakan dokumen dan passport filipina di karenakan Habisnya kuota Haji di Indonesia.



Sebelumnya pemerintah Indonesia telah berkoordinasi dengan pemerintah Filipina di Manila, untuk mengungkap siapa oknum dibalik kegiatan ini. Setelah ditanyai mengapa para jemaah tersebut bisa sampai di Filipina. , salah satu dari Mereka menjawab :

" Karena pihak travel memberikan prosedur seperti itu, lagipula saat saya berangkat Haji tahun 2001. Saat berbincang dengan salah satu keluarga. Mereka bahkan Berangkat Haji dari Thailand"

Memang Pada 2016 ini , kuota haji Indonesia dibatasi oleh pemerintah Arab Saudi maksimal 168,000 orang, turun dibandingkan pada 2011 lalu yaitu sebesar 221,000. Mungkin itulah salah satu alasan yang mencari jalan lain untuk sampai di Negeri Makkah.

Setelah di data Jumlah dari Mereka ada 177 orang Jemaah Haji asal Indonesia. Setelah koordinasi yang telah disampaikan. Akhirnya Jemaah ini Dibebaskan secara bertahap. Namun sayangnya mereka harus pulan kembali ke Indonesia. Tercatat sekitar 138 orang sudah mulai di pulangkan secara bertahap. Sisanya 39 orang lagi. Sedang dalam perjalanan menuju KBRI Indonesia.  

Semoga dari hal ini bisa menjadikan kita sebuah pelajaran yang bermanfaat. Agar tidak menggunakan jalur-jalur yang tidak prosedural. karena kita akan menjalani Ibadah suci, akan tidak baik jika di awali dengan Hal-hal seperti ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar