Sabtu, 14 Maret 2020

::: CERITA DOKTER AYU UNTUK PEROKOK AKTIF.. : "BUERGER DISEASE.. JARI KAKI DI AMPUTASI SATU PERSATU.." :::

Cerita dr Ayu-

Mohon dibaca untuk para teman2 FB saya yang sekarang masih jadi PEROKOK AKTIF!!

Ini adalah pasien saya, yang saya terima sendiri di IGD RSDI Banjarbaru tempat saya bekerja
(Real foto)

Ini adalah pasien dengan diagnosis BUERGER DISEASE

Tn M/64 tahun, pensiunan. D bawa oleh istri dan kedua anak laki-lakinya d IGD

Saat datang, bapak mengeluh nyeri ujung2 jari >2 bulan, riwayat di operasi November 2019 Karena jari ke 4 kaki kiri menghitam. 1 Minggu kontrol ternyata menghitam nya menjalar ujung2 jari yang lain.

Pada saat datang, kaki nya masih terbungkus perban. Saya minta ijin untuk dibuka perbannya, dan ijin foto untuk dilapor ke dr bedah RS kami.



Saat dianamnesis (tanya keluhan) bapak ini adalah seorang perokok aktif dari umur 20 Thun, jadi 40 tahun sudah jadi perokok aktif. Dan Buerger disease adalah salah satu penyakit yang akan muncul pada seorang perokok aktif karena kandungan tembakau dari rokok, akan mengiritasi pembuluh darah Perifer, membentuk gumpalan darah sehingga terjadi nekrosis (kematian jaringan), nyeri yang luar biasa dan bisa muncul kapanpun.

Dan yang jelas penanganan nya nya adalah Amputasi! Kamu akan menjadi cacat, menyusahkan kan banyak orang untuk membantu kehidupanmu Karena kamu tidak lagi seaktif dulu. Organ tubuh mu sudah banyak yang rusak dan hilang.


Point pentingnya adalah, Jauhi lah ROKOK, berhentilah MEROKOK, karena ketika anda sakit bukan cuma anda yang akan repot tapi keluarga dekat yang harus menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk mengurusi anda.

Yang pada saat sehat anda ketika di beritahu bahaya merokok, dengan sombong menjawab. "Yang merokok saya, beli pake uang saya, toh juga kalo sakit yang sakit saya."

Tapi Saya lihat dengan mata kepala saya sendiri selama menjadi dokter, sudah banyak kasus keluarga yang harus berkorban untuk mengurus orang2 Egois seperti Anda!!!

Semoga tulisan panjang ini, dan atas ijin Allah dapat merubah teman2 yang saat ini masih aktif membakar uang (re : perokok) untuk berhenti!
Sayangi diri dan keluarga anda ??

Stay healthy ??????



Sumber : FB dr. Ayu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar