Kamis, 24 November 2016

Keunikan Misteri Burung Maleo dan Cara Hidupnya di Alam

Keunikan Misteri Burung Maleo, salah satu hewan yang hidup di Bumi Indonesia. Burung ini adalah salah sau burung endemik yang hidup di Indonesia yaitu tepatnya berasal dari Pulau Sulawesi. Burung Maleo Di temukan di Pulau sulawesi, Hidup di sekitar Gorontalo ( Bone Bolango dan Pahuwato ) juga di Sulawesi tengah ( Sigi dan Banggai ) .

Nama ilmiah dari burung ini dikenal sebagai Macrocephalon Maleon, yang berarti si kepala besar. Sebutanitu diberikan karena burung maleo memiliki Tonjolan Besar di Kepalanya yang berfungsi untuk mendeteksi panas untuk keperluan telurnya. Uniknya, Ketika hewan ini berterlur di langsung pingsan. Biasanya burung malio mencari tempat yang hangat seperti di alam pasirterbuka, dekat gunung berapi dan pantai. Ukuran telurnya 5 sampai 8 kali lebih besar dari telur ayam kampung.

Keunikan lain dari Burung Malio ini, ketika baru menetas dari telurnya burung ini sudah bisa langsung terbang. Berbeda bukan dari burung biasanya.



Saat ini Hewan ini dinyatakan sebagai Satwa yang di lindungi. Karena menurut catatan burung maleo di Sulawesi mengalami penurunan sampai 10%, sejakn tahun 1950an. Di perkirakan hanya tersisa sekitar 10 ribu ekor saja.

Demi menanggulangi kepunahan satwa Endemik asal Indonesia ini, Pemerintah membuat pantai khusus untuk konservasi dan penyelamatan Seluas 14 hektar yang menjadi pusat penangkaran burung maleo di sulawesi utara.

Keunikan Misteri Burung Maleo,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar